Jumat, 23 September 2022

Rukol 2.2 PSE

 Tabel 3.1  Ide Implementasi Pembelajaran  Sosial dan Emosional untuk Murid


KSE  yang dikembangkan


Bentuk Implementasi 

(Pengajaran Eksplisit/Integrasi Praktek Mengajar Guru dan Kurikulum Akademik/Penciptaan Iklim Kelas dan Budaya Sekolah )

Skenario Penerapan

Deskripsi Kegiatan Pembelajaran

(apa yang dilakukan dan dikatakan guru)

Deskripsi tambahan: Siapa yang terlibat,  di mana, waktu dan durasi,  dan kebutuhan/perlengkapan

Kesadaran Diri 

Refleksi 5 kebutuhan dasar 

  1. Siswa mengisi lembar 5 kebutuhan dasar

  2. Presentasi dan diskusi tentang 5 kebutuhan dasar secara berkelompok

Pelaku; Guru dan murid kelas 4a

Waktu ; Senin sesudah istirahat dan 

              sebelum pulang

Durasi ; 1-2 jam

Alat     ; Lembar Kerja dari HVS 

              berwarna pink, pulpen, 

              spidol, pensil, penghapus. 

Manajemen Diri

Membuat Jadwal Harian

  1. Siswa membuat jadwal harian selama 24 jam

  2. Presentasi dan diakusi secara berkelompok

Pelaku ; Guru dan murid kelas 4a

Waktu ; Selasa sesudah istirahat

   Durasi ; 1-2 jam

Alat ; Kertas folio bergaris, alat tulis

Kesadaran Sosial

Bermain Surat Empati

(Jika… maka… ) dan Balon Prasangka (semua… pasti…. ) 

  1. Guru memimpin permainan Surat Empati

  2. Guru memimpin permainan Balon Prasangka

Pelaku ; Guru dan murid kelas 4a

Waktu ; Rabu sesudah istirahat

Durasi ; 1-2 jam

Alat ; kertas HVS, amplop, balon, spidol, jarum

Keterampilan Relasi

Friendship Day

  1. Permainan Tepuk Memuji

  2. Membuat gelang persahabatan

Pelaku ; Guru dan murid kelas 4a

Waktu ; Kamis sesudah istirahat

Durasi ; 1 -2 jam

Alat ; tali cord kecil

Pengambilan Keputusan yang Bertanggung Jawab

Merancang Bazar

  1. Siswa merancang pameran dan bazar

  2. Siswa melakukan pameran dan bazar

Pelaku ; Murid kelas 4a

Waktu : Jumat dan Senin

Durasi ; 2x1 jam

Alat ; buku catatan, benda pameran, barang jualan




Tabel 3.2 Ide Penguatan Kompetensi Sosial dan Emosional untuk Rekan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)  di Sekolah


Jenjang Pendidikan:  ________ (A = Paud – Kelas 2; B = Kelas 3– 6; C = SMP, D = SMA).

Bentuk  Penguatan

(Menjadi Teladan, Belajar atau Berkolaborasi)

KSE yang akan dikembangkan

Skenario Penerapan


Mengisi Lembar 5 Kebutuhan Dasar

  Kesadaran Diri


Deskripsi Kegiatan Penguatan

Deskripsi tambahan:  siapa yang terlibat,  di mana, waktu dan durasi,  dan kebutuhan/perlengkapan


Membayangkan dan menulis cita-cita, harapan, program, kegiatan dan rencana masa depan

dan apa yang sudah dirintis untuk mewujudkan semua itu

Manajemen Diri

Idem

Pelaku ; para guru dan kepala sekolah

Waktu : Jumat, pukul 11.00

Durasi ; 30 menit

Alat ; lembar kerja

Permainan Balon Prasangka

Kesadaran Sosial

Idem

Idem 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar