Tugas 1 Pelatihan Wawasan Kebangsaan
Nur Jannah, S. Pd
0895331405712
SDN Kalibaru 03
Jl. Kalibaru Timur II F rt. 09 /02 no. 2 Kelurahan Kalibaru
Kecamatan Cilincing
Jakarta Utara
Implementasi Nilai Luhur dan Pancasila dalam Lingkungan Sekolah SDN Kalibaru 03 Jakarta
Pancasila merupakan dasar negara Indonesia sebagaimana tertuang dalam pembukaan UUD 1945. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahir Pacasila menetapkan bahwa tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Dengan keputusan Presiden Republik Indonesia tersebut, segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Sejak diperkenalkannya pada tanggal 1 Juni 1945 oleh Ir. Soekarno, dalam proses selanjutnya rumusan Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 hingga rumusan final tanggal 18 Agustus 1945 adalah satu kesatuan proses lahirnya Pancasila.
Pancasila sendiri merupakan nilai-nilai luhur yang digali dari budaya bangsa di nusantara dan memiliki nilai dasar kehidupan manusia yang diakui secara universal dan berlaku sepanjang zaman.
Juga merupakan hasil kontemplasi dan perenungan panjang Ir. Soekarno yang didasarkan pada pemahaman dinamika geopolitik bumi nusantara secara utuh. Agus menegaskan bahwa sebagai dasar negara, Pancasila merupakan ideologi, pandangan dan falsafah hidup yang harus dipedomani bangsa Indonesia dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Sebagai dasar negara maka seharusnya Pancasila menjadi sumber pedoman dalam melaksanakan kehidupan berbangsa dan bernegara.
Sekolah merupakan tempat strategis untuk menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai luhur bangsa serta nilai-nilai Pancasila. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional menjelaskan bahwa fungsi dan tujuan dari pendidikan nasional dituangkan di dalam pasal 3 yang mengatakan bahwa:
“Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab”
Hal tersebut juga sesuai dengan tujuan pendidikan di Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu insan yang beriman serta bertaqwa terhadap yang kuasa yang Maha Esa serta berbudi pekerti luhur, mempunyai pengetahuan serta keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap serta berdikari serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan serta kebangsaan.
Di sekolah saya yaitu SDN Kalibaru 03, nilai luhur bangsa serta nilai-nilai Pancasila tercermin dalam berbagai kegiatan berikut.
Nilai Ketuhanan Yang Maha Esa
Pelaksanaan kultum dan salat duha berjamaah setiap Jumat pagi pukul 6.30 sampai 7.30
Tersedianya tempat ibadah di sekolah
Perayaan hari-hari besar agama
Saling toleransi, menghargai, dan menghormati di antara seluruh warga sekolah
Nilai kemanusiaan yang adil dan beradab
Sumbangsih para guru dan murid saat terjadi bencana alam, kebanjiran atau kebakaran
Menjenguk dan mendoakan warga sekolah yang sakit
Mematuhi tata tertib peraturan yang berlaku
Nilai persatuan IIndonesia
Kerukunan antar murid maupun guru yang berbeda suku
Bergotong royong pada saat menghadapi permasalahan bersama
Bekerjasama dalam mensukseskan kegiatan sekolah
Bekerja bakti dalam menjaga kebersihan sekolah
Nilai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
Musyawarah saat menentukan pengurus Komite Sekolah
Musyawarah dan pembagian tugas saat melaksanakan kegiatan atau program sekolah
Musyawarah saat memilih ketua kelas di kelas-kelas murid
Rapat guru saat berefleksi dan mengevaluasi berbagai kegiatan sekolah
Nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Kepala sekolah dan guru memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam melaksanakan tugas sekolah.
Pihak sekolah memfasilitasi pembelajaran yang inklusif bagi seluruh murid
Guru tidak membedakan perlakuan terhadap siswa baik dari segi perbedaan fisik, ras, sosial maupun agama.
Sekolah memberi bantuan kepada siswa yang kurang mampu misal memberikan fasilitas belajar berupa alat tulis, dll
Membagikan santunan pada anak yatim atau piatu setiap bulan Muharam
Menerima siswa berkebutuhan khusus tanpa membedakan perlakuannya dengan siswa lain.
Penerapan nilai-nilai luhur di kelas saya misalnya saya menghargai dan menghormati hak-hak murid, melaksanakan pembelajaran yang mandiri, kreatif, kolaboratif dan berdiferensiasi.
Kebetulan saya mengajar kelas 4 yang pada tahun ini melaksanakan Kurikukum Merdeka sehingga fokus tujuan pada Penguatan Pendidikan Profil Pelajar Pancasila bisa kami laksanakan melalui kegiatan intra maupun proyek.
Saat ini saya juga sedang mengikuti pelatihan CGP angkatan 5 DKI sehingga penguatan profil Pelajar Pancasila itu dapat saya laksanakan dengan terarah dan teratur.
Setiap awal pembelajaran, di kelas saya membacakan teks Pancasila, yel-yel Pelajar Pancasila dan lagu Pelajar Pancasila dan setiap akan pulang memperdengarkan lagu Pancasila dengan diiringi gerakan 6 dimensi profil pelajar pancasila
Mensimulasi siswa untuk memahami perbedaan dan berkebinekaan global
Memberikan pengalaman belajar yang mendukung gotong royong, saling menolong, menghargai adat istiadat, melestarikan budaya tradisional, patriotisme, cinta tanah air, bela negara, dll
Memberi pemahaman pada siswa bahwa mereka adalah generasi penerus bagnsa sehingga harus menyiapkan diri sebaik-baiknya untuk kemajuan negara Indonesia kelak
Menyadarkan siswa akan bahaya perpecahan dan mendukung terus persatuan.
Demikianlah implementasi nilai-nilai luhur bangsa dan nilai-nilai Pancasila dalam lingkungan sekolah kami. Ke depannya semoga dapat mewujudkan generasi emas Indonesia 2045.
Jakarta, 13 September 2022
Tidak ada komentar:
Posting Komentar