Aksi nyata Modul 1.3 Membuat Visi Misi Kelas serta Keyakinan Kelas
Visi Misi Kelas
Setiap sekolah mempunyai visi misi. Seharusnya guru penggerak dapat menginisiasi sebuah pengubahan visi misi lama yang belum berpihak pada murid menjadi visi misi sekolah yang baru dengan paradigma baru. Namun, hal itu bukanlah perkara mudah serta membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama.
Jadi sementara itu, saya membuat visi misi kelas terlebih dahulu bersama murid. Saya membuat suatu prakarsa perubahan. Kegiatan ini saya lakukan dengan menggunakan alur BAGJA sebagai berikut.
Apakah visi dari sekolah tempat saya mengajar?
Mewujudkan peserta didik yang unggul IMTAQ, berprestasi dalam IPTEK serta peduli dan berbudaya lingkungan.
Apakah prakarsa perubahan yang akan saya lakukan?
Mewujudkan murid yang merdeka belajar, literat dan beradab melalui kolaborasi sekolah dan orangtua.
Apakah Pertanyaan Utama dari kegiatan yang akan saya lakukan?
Bagaimana cara agar murid merdeka belajar?
Kegiatan/tindakan apa yang akan dilakukan?
Saya akan mengikuti alur BAGJA sebagai berikut.
B=buat pertanyaan.
Saya bertanya pada murid tentang hal-hal apa saja yang membuat mereka semangat belajar. Saya memberi kesempatan murid untuk berpikir, berdiskusi dengan teman dan menyampaikan pendapat dengan suasana yang hangat.
A= ambil pelajaran.
Saya memutarkan video tentang kisah orang-orang sukses atau tokoh-tokoh terkenal. Saya meminta murid mencatat hal-hal penting pada tayangan tersebut. Saya bertanya apa dan bagaimana agar mereka bisa sukses dengan belajar mandiri dan merdeka. Jawaban murid yaitu murid tergugah dengan kisah sukses pada tayangan, mereka juga mengatakan senang belajar bila guru mendampingi, ruang kelas sejuk, ada rak buku, ada rak mainan, ada hiasan dinding kreasi mereka, dll.
G=gali impian
Saya meminta murid memejamkan mata dan membayangkan suasana belajar yang murid impikan, harapan mereka di masa depan, serta cita-cita yang ingin mereka capai. Saya memberi waktu sekitar 5 menit agar murid menyelami mimpi mereka. Lalu ketika murid diminta membuka matanya, saya menanyakan apa saja gambaran impian mereka. Murid-murid mengatakan semua isi hatinya. Saya mengelompokkan jawaban tersebut serta mencatatnya.
J=jabarkan rencana
Saya menuliskan di papan tulis tentang rencana untuk perbaikan belajar murid. Saya mempersilakan murid mencatat dan menuliskan apa rencana mereka selanjutnya. Saya meminta pendapat murid lalu mengajak murid mendiskusikannya serta mengatur rencana perbaikan belajar.
A=atur eksekusi
Saya memimpin murid untuk membuat timeline jadwal kegiatan harian. Selain itu saya membuat timeline untuk evaluasi bulanan.
Apa peran saya dalam kegiatan tersebut?
Saya sebagai pemimpin pembelajaran melakukan perubahan dengan sesuai alur BAGJA. Yaitu mengajak murid dengan membuat pertanyaan, mengambil pelajaran, menggali impian, menjabarkan rencana serta mengatur eksekusinya. Saya tidak sekadar menyuruh tetapi memberi kesempatan pada siswa untuk melibatkan diri secara langsung. Sehingga aktivitas perubahan itu dialami langsung oleh murid-murid saya.
Apa saja modal utama yang saya manfaatkan?
Modal utama saya adalah murid, ruang kelas, sarana dan prasarana serta video orang sukses. Saya memimpin dan memanfaatkan aset tersebut dengan baik.
Pemanfaatannya adalah murid diajak langsung untuk memikirkan dan mewujudkan perubahan. Murid juga diajak untuk terlibat langsung dalam perubahan.
Sarana dan prasarana seperti kursi, meja, dinding kelas dimanfaatkan untuk mengubah suasana, membuat pojok baca dan menghias ruangan. Sehingga kini kelas mereka lebih indah, nyaman dan menyenangkan. Akhirnya tujuan mereka agar belajar dengan lebih semangat pun tercapai.
Keyakinan Kelas
Di kelas saya sudah ada Kesepakatan Kelas, namun bersama murid saya mencoba mengubahnya menjadi Keyakinan Kelas. Tujuannya agar murid memahami nilai serta meyakininya. Sehingga apa yang mereka inginkan yaitu untuk menciptakan kelas yang baik bisa dicapai.
Keyakinan kelas kami berbunyi;
Aku beriman kepada Allah SWT dan selalu bersyukur
Aku kreatif, percaya diri, mau mencoba dan mandiri
Tanggung jawab itu penting
Kejujuran adalah hal utama
Belajar dengan gembira dan bahagia
Saling menghargai dan menyayangi dengan teman
Berkata-kata dan bertanya dengan sopan
Patih kepada guru dan orangtua akan sukses
Tidak ada komentar:
Posting Komentar