Modul 1.1 adalah berisi pemikiran filosofis Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan yang di antaranya adalah bahwa tujuan pendidikan adalah menuntun kodrat siswa untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat, sesuai kodrat alam dan kodrat zamannya. Atau dengan kata lain, pemikiran KHD merupakan landasan upaya penanaman nilai-nilai dan peran-peran guru bagi muridnya.
Pemikiran KHD tentang pendidikan dan pengajaran bahwa guru ibarat petani dan murid adalah benih. Di tangan petanilah hidup dan matinya sang benih. Pendidikan juga harus memperhatikan kodrat anak baik kodrat alam maupun kodrat zamannya. Budi pekerti menjadi dasar utama dalam mendidik dan mengajar siswa. Siswa seharusnya dituntun untuk bisa menghadapi kehidupannya sesuai potensi diri dan kondisi lingkungannya.
Sementara, pendidikan di Indonesia secara umum, sebagian besarnya belum merdeka belajar. Sekolah masih belum banyak yang memfasilitasi multiple intelligence anak.
Khususnya pada sekolah saya, selama ini kegiatan belajar mengikuti peraturan dinas dan biasanya berorientasi pada capaian nilai akademik. Sehingga guru dipacu untuk melatih murid mengejar nilai akademik dan kurang memperhatikan aspek kecerdasan lain individu murid itu sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar